Tuesday 11 March 2014

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Banyak sekali pengguna smartphone Android yang mengeluh soal borosnya penggunaan baterai pada perangkat yang mereka gunakan. Hal ini sering diungkapkan oleh beberapa teman mimin, dan mimin sendiri pun juga terkadang mengeluhkan soal hal ini. Memang, merupakan sebuah hal yang wajar jika sebuah perangkat canggih dan pintar seperti smartphone memiliki daya tahan baterai yang hanya sebentar, karena memang perangkat tersebut membutuhkan sokongan tenaga yang cukup besar untuk dapat beroperasi dengan optimal sehingga akan cepat menghabiskan daya tahan baterai.
Tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan terutama jika kita harus bepergian jauh dan ingin membawa perangkat kita untuk beberapa kebutuhan seperti memotret pemandangan misalnya, hal yang sering mimin lakukan dengan smartphone saat sedang bepergian. Nah tentu saja perangkat harus dapat bertahan tanpa di charge agar tidak mengganggu kita untuk menikmati perjalanan kita.Memang sih sekarang ada yang namanya Powerbank, tapi apa salahnya juga kalau kita bisa lebih menghemat lagi baterai ponsel android kita bukan ? powerbank cuma digunakan pada saat baterai android kita lemah dan mau habis aja sobat, bukan dipakai terus menerus, kali ini saya akan ngasih tips buat sobat sekalian yang inging menghemat baterai ponsel android nya tanpa menggunakan aplikasi apapun,, langsung saja cekidot :D


  • Atur waktu habis layar (sleep)
Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas soal besarnya energi yang dibutuhkan untuk menyalakan layar, pilihan untuk mematikan layar sesegera mungkin adalah salah satu solusi untuk menghemat penggunaan daya baterai. Aturlah waktu habis layar pada interval terendah, atau bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu (mimin biasa mensetting sleep pada interval 30 detik). Selain itu kamu juga bisa mengunci atau mematikan layar segera setelah kamu selesai menggunakannya akan sedikit membantumu menghemat daya tahan baterai.
  • Matikan wireless service
Sebuah smartphone dilengkapi dengan berbagai fitur wireless seperti WiFi, bluetooth, GPS, NFC, jaringan mobile (termasuk koneksi internet), dan lain – lain. Namun fitur – fitur tersebut justru yang paling besar memakan daya baterai. Maka pilihan untuk mematikan sebagian wireless service yang tidak dibutuhkan akan sangan bermanfaat untuk memperpanjang waktu standby perangkatmu. Sangat direkomendasikan untuk mematikan semua fitur tersebut jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan baterai.
  • Perhatikan kekuatan jaringan
Kekuatan sinyal jaringan juga sangat berpengaruh pada penggunaan baterai. Jika sekiranya kamu sedang mengakses internet, jangan paksakan untuk melakukan koneksi dengan pilihan 3G/WCDMA only jika jumlah bar pada icon sinyal menunjukkan lemahnya jaringan, karena itu akan sangat menguras baterai. Sebaiknya gunakan koneksi yang lebih stabil (2G/GSM only), atau akan lebih baik jika kamu tidak menggunakannya sama sekali jika ingin perangkatmu menyala dalam waktu yang lebih lama.
  • Atur ringtone
Aturlah nada dering atau ringtone yang tidak terlalu panjang khususnya untuk pemberitahuan pesan seperti SMS, chat, email dan lainnya. Hal ini karena untuk memainkan sebuah ringtone, perangkat membutuhkan energi ekstra bukan? Sehingga dengan memilih ringtone yang pendek akan sedikit menghemat penggunaan daya pula. Jika perangkat sedang berada di genggamanmu (misalnya saat kamu sedang asik chatting atau SMSan), maka sebaiknya kecilkan saja volume nya, itu akan sedikit membantu menghemat daya baterai.
  • Matikan aplikasi
Tutuplah aplikasi yang berjalan di background. Karena jika kamu membiarkannya, maka usahamu untuk menghemat baterai tidak akan maksimal. Selain dapat membuat boros baterai, aplikasi yang masih berjalan di background akan membuat ponsel android akan cepat panas. Gunakan menu exit atau sentuh tombol back berkali – kali setelah kamu selesai menggunakan aplikasi tertentu. Namun beberapa apps seperti facebook dll akan tetap berjalan di background meskipun kamu sudah menutupnya dengan cara tersebut. Maka sangat disarankan untuk mematikannya secara manual untuk memastikan bahwa apps benar – benar ditutup.
Nah sobat, itulah cara cara menghemat baterai android sobat sekalian supaya tetap awet dan tahan lama, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada tips kali ini,, saran saya, langsung saja praktekkan dan rasakan perbedaannya ! semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment